blog-image
Adventure Travel

Yeay akhirnya nonton konser lagi!

Gue nggak abis pikir udah berapa abad lamanya gue nggak nonton konser. Padahal nih ya, waktu jaman-jamannya gue masih ngantor di kantor gue yang di daerah Senayan dulu itu (purple office alias Yahoo! ID di Sentral Senayan 2), gue anaknya paling doyaaaaan banget sama yang namanya konser. Maklum, kadang gue malah suka dapet tiket gratisan dari kantor hehehe! Dulu tuh kerjaan gue ya nongkrongin timeline Twitter atau website-website untuk update jadwal nonton konser kayak Bruno Mars, Katy Perry, DWP dan lainnya. Tapi sekarang, karena pekerjaan yang baru ini, gue jadi selalu ketinggalan konser dan lama-lama hype buat nonton konser tuh ilang. Karena gue mikir, mending duitnya gue tabung dan pake buat jalan-jalan lagi yekan, mengingat tiket konser sekarang pun bisa nyaris jutaan juga harganya.

Nah tp nggak cuma gue aja, si Kevin pun juga begitu. Doi dulunya juga anak konser banget. Doi bilang sih katanya paling enak nontonin band yang dia suka sambil foto-fotoin mereka. nah doi juga pernah cerita waktu masih tinggal di Dublin, doi pernah fotoin dan videoin band Sigur Ros sampe-sampe disenyumin sama si Jonsi (ye padahal sih cuma disenyumin aja tp lebay banget ceritanya!).

Makanya sekarang, gue sama Kevin setuju untuk pergi berduaan ke konser. Berhubung belum pernah nonton konser barengan juga semenjak pacaran. Udah deh, kita cari tau konser mana yang bakalan ada di Bali dalam waktu dekat, soalnya sekarang kita berdua udah based di Bali dari 2 tahun lalu.

BELI TIKET SOUNDRENALINE 2018

Nah, gue denger nih dari jauh–jauh hari (dikasih tau temen gue yang kerja ngurusin event Soundrenaline), katanya Soundrenaline tahun ini itu mau dibikin beda dari yang sebelumnya. Mereka kali ini tuh pengen buat semacam campsite gitu yang available buat umum dan campur sama orang-orang dari behind the scene-nya Soundrenaline. Mulai dari musisi, crew dan juga para penikmat konsernya.

Langsung dong gue cek siapa-siapa aja yang manggung. Ternyata, line-upnya gokil-gokil banget! Lokalnya ada Tony Q Rastafara, Dipha Barus, Efek Rumah Kaca, Endah n Rhesa, Endank Soekamti, Barasuara, Maliq & D’Essentials, Mocca, Padi Reborn, The Adams, Teddy Adhitya, SHEILA ON 7 dan masih banyak lagi! Coba tebak gue paling nungguin yang mana? Yang gue caps lock laaaah! Terus juga, gak cuma band lokal, band atau penyanyi dari luar juga pada dateng! Ada Zee Avi, The Red Jumpsuit Apparatus, Phum Viphurit, Limp Bizkit dan lainnya! Tapi kalo dari yang luar gue paling penasaran ya sama si Phum, soalnya dia penyanyi yang baru gue temuin di Youtube terus dia lagunya ear-catchy banget. Sama satu lagi si Zee Avi dengan lagu Kantoi-nya dia yang dari jaman dulu enak banget buat didengerin (walaupun lagunya tentang pasangan selingkuh kegep, UPS!).

OK FIX BANGET BELI TIKET LANGSUNG NIH! Nah tiket si Soundrenaline ini tergolong cukup murah loh! Masa dengan isi penyanyi dan band yang seabrek-abrek itu, cuma IDR 350.000 guys!? Dan IDR 350.000 itu buat 2 hari dooooong! Gokil gak sih!? Nah cuma ya kan, karena sekarang gue tau segitu banyak jadinya gue mutusin buat beli si tiket campsite A-Camp itu. Jadi gue bisa puas nonton sampe malem banget, udah gitu ga perlu capek-capek malemnya buat pulang ke kost-an malemnya dan besoknya mesti ke GWK lagi buat Soundre hari ke-dua.

Nah pas pembelian, gue ngeliat dulu kan si campsite ini fasilitasnya tuh apa aja sih? Kalo cuma tenda–tendaan doang juga sebenernya males juga ya kan. Jadi, gue nge-cek deh tuh sebelum beli. Soalnya lumayan juga boook kalo gak dicek dulu, 1 tiketnya harganya kisaran 2 jutaan! Setelah gue cari tau, jadi ini dia jabaran dari harga A-Camp package itu (berdasarkan dari website Soundrenaline) kita bisa dapetin fasilitas apa aja:

3 hari Intimate Stage, makan pagi, siang sama malam sepuasnya (buffet style), air minum sepuasnya, fasilitas karaokean, live stream aktivitas camp, festitalks, tour untuk backstage, dan free shuttle bus ke GWK.

Terus juga fasilitas camp-nya sendiri ada: area santainya, toilet dan kamar mandi, listrik dan AC (jadi ga perlu worry bakal kepanasan deh), open bar, dan outdoor area.

Nah jadi karena gue dapet insight dari temen gue juga, kalo ternyata di tenda yang akan gue book itu ada space untuk 6 orang. Gue putusin buat ajak aja semua temen–temen gue di Bali laaah hahaha! Jadi total ada gue, Kevin, Wahyu (@iw.wm), Pandu (@backpackertampan) sama si Iqbal (@iqblmghny). Udah fix semua dan tiket udah dibeli! Wohooaaaa! Okay, sekarang kita percepat ke hari eventnya!

THE POWER OF A-CAMP FROM SOUNDRENALINE 2018: THE SOUL OF EXPRESSION

Gue sengaja dateng agak sorean biar enggak terlalu panas awal–awalnya hehehe. Maklum, abisnya di Bali kan pulau jadinya panasnya agak beda sama kalo dateng konser di Jakarta. Terus, gue juga udah janjian sama yang lainnya juga di deket GWK. Sayangnya kita enggak pake jasa shuttle bus yang disedian sama Soundrenaline karena kita punya motor masing–masing. Kita mikirnya sih biar kita juga bisa bebas keluar masuk juga nantinya. Tadinya mikir gitu, ternyata pas udah masuk, mager banget mau keluar hahahaha!

Nah kita udah markir motor kita di parkiran yang udah disediain, dan parkirannya luas udah gitu deket dari gate masuknya juga. Jadi inget waktu konser–konser di tempat lain yang markirnya jauuuuuh banget dari gate-nya. Gokil deh Soundrenaline yang kali ini pemilihan tempat dan koordinasinya! Salut!

Abis itu kita langsung masuk ngelewatin gate dan ngeliat semua set panggungnya yang edan–edan banget. Udah berasa kayak konser–konser di luar loh! Karena perjalanan yang lumayan bikin pegel punggung, jadi kita langsung aja mau manfaatin A-Camp site tiket yang udah kita beli. Jadi sistem dari semuanya itu kita dikasih gelang dan si gelangnya itu adalah identitas kita sebagai pembeli. Ada gelang yang nunjukin 1D pass, 2D pass dan A-Camp pass. Abis itu, gelangnya bakalan di-scan sama security supaya ketauan kalau itu bukan gelang ID yang palsu. Kalian pasti ada yang mikir kalo IDnya berupa gelang ya pastinya bisa dioper-oper kan? Nah ini enggak, sekali lo pasang gelangnya dan lo kencengin sesuai sama yang lo mau, gelang itu enggak akan bisa dilepas lagi. Pinter banget kan mereka? Jadi, kalo lo mau ya beli aja lagi. Udah gak jaman curang–curangan cuma buat nonton konser hehehe!

Anyway, kita udah masuk bagian dari A-Camp site nih! Sumpah ya, bagian di sini itu asik–asik banget! Orang–orang semua pada mingle dan suasananya itu didukung banget sama vibes musik–musik sekitar. Karna si A-Camp site ini tuh  lokasinya pas banget di belakang 2 panggung tapi tenang aja, karena itu cuma pas di area mingle-nya kayak tempat makan dan tempat karaoke sama disko dll. Sementara, tempat buat istirahatnya itu masih menjorok lebih dalam dan areanya itu super bagus banget. Mereka dekor semuanya udah kayak konser–konser hippie gitu. Dan waktu kita sampe di tenda kita, suasananya lebih senyap. Bener–bener didesain untuk orang–orang biar bisa istirahat dan ngobrol santai banget deh!

Di dalem tenda udah ada tempat tidur, bantal, selimut yang nyaman banget. Kita semua langsung tiduran dan main HP dulu ya kan hehehe! Terus gak lama, gue baru deh buka tote bag yang dikasih sama crew acara pas kita masuk ke bagian A-Camp Site. Tote bagnya sendiri bahannya bagus banget. Saat gue lagi nulis cerita ini, gue lagi ada di Dubai dan tote bag-nya tetep gue bawa traveling saking sukanya. Udah gitu di dalemnya ada notebook, pulpen, kaos dengan bahan yang enggak panas, ada sunglasses yang matching banget sama kaosnya terus sama yang terakhir tempat minum yang super gue suka dan berguna banget. Pokoknya saking nyamannya sama si A-Camp nih ya, gue sampe–sampe ada moment mager parah, maunya tiduran manjah aja rasanya hahaha.Setelah ber-mager ria, akhirnya gue keluar dari A-Camp dan muterin area Soundrenaline. Jadi nih ya karena tema kali ini itu Soul of Expression makanya banyak banget kreator-kreator seni tanah air yang mengekspresikan karya-karya mereka. Terus juga, di Creator Area ada workshop sama sharing session dari orang-orang yang berkecimbung di dunia kreatif. Kapan lagi yak an bisa nonton konser terus udah gitu sekalian dateng ke workshop untuk memperkaya daya pikir dan wawasan kita buat lebih kreatif lagi.

 Abis gue muter–muter, otomatis gue capek hehehe dan langsung balik lg ke A-Camp karena udah waktunya jam makan malam! Bisa makan puas sekenyang-kenyangnya, buat recharge energi gue yang terkuras abis itu ready keluar lagi buat nonton konser-konser berikutnya!

WAKTUNYA NONTON KONSER

Abis menyantap makanan enak yang disedian sama crew untuk A-Camp, sekarang waktunya gue dan yang lainnya nonton konser! Pas banget gue sampe di A Stage dan tebak siapa yang lagi main? Siapa lagi kalau bukan BARASUARA!! OMEGE, bisa ngeliat si Icil manggung untuk pertama kalinya dan dia lincah banget hahaha. Karena A Stage itu stage utamanya, pastinya yang nonton ramenya bukan main. Pas Barasuara selesai manggung, kita semua break dulu dan nyari minum sama cemilan. Eh terus, enggak sengaja ketemu sama si Icil dong! Seneng banget! Terus kita ngobrol-ngobrol dan dia bilang kalo dia bakalan nginep di A–Camp juga. Janjian ketemu lagi deh di sana buat after party hehehe!

Abis Barasuara manggung, ada salah satu band yang paling gue tunggu–tunggu! Dan itu PADI REBORN. Sumpah ya, dari jaman SD gue udah dengerin lagu–lagunya mereka. Terus sekarang gue udah tua gini dan bisa hadir di konser pertamanya mereka setelah reunited tuh gue enggak bisa ungkapin dengan kata–kata deh huhuhu. Yang makin bikin mata berkaca–kaca lagi tuh pas si Fadly nyanyi dan matanya terharu mau nangis gitu karena kita semua nyanyi bareng dia. HUHUHUHUHU!!

Wah lumayan kenyang banget sama keseruan malam ini yaa! Sekarang gue mesti balik lagi ke A-Camp untuk istirahat sama ngedit-edit video yang udah gue kumpulin dari tadi. Sekalian prepare buat nonton Dipha Barus sama SHEILA ON 7 dong! Ini dia nih enaknya punya pass untuk ke A-Camp, pas lagi lepek–lepeknya keringetan lantas bisa mandi, minum air yang unlimited sama ngadem di tenda ber-AC hehehe.

Abis istirahat, waktunya keluar lagi dan gue udah standby di stagenya si Sheila on 7. Gilaaak! Banyaaaaak orangnya. Bahkan gue sempet ngobrol-ngobrol sama orang–orang dan ada beberapa dari mereka sengaja dateng ke Soundre jauh-jauh emang khusus buat nonton Sheila! Nah, sebelum Sheila on 7 manggung itu ada band dari Soundrenaline yang gak kalah serunya. Abis itu, langsung deeh idola gue si Duta keluar! Sumpah yaaaa ini orang awet banget mukanya. Makin tua somehow ini orang keliatan makin ganteng dan charming banget! Gue sama Kevin langsung jingkrak–jingkrak! Nyanyi–nyanyi sampe gilaaaaa deh! Sayangnya, karna ini bukan konser Sheila doang jadinya waktu satu setengah jam tuh enggak kerasa banget.Udah nonton Sheila-nya, kita lanjut ke stage lainnya untuk nonton Dipha Barus sampe abis. Nah, saat yang kayak gini–gini pas gue liat orang mesti pada pulang, gue sama Kevin juga ikutan pulang tp pulangnya kita ke A-Camp hehehehehehehhe.

Besok paginya, kita semua bangun, mandi dan jalan–jalan ngeliat crew semua lagi prepare untuk konser siang sampe malam terakhir nanti. Salah satu keuntungan banget deh bisa ngeliat cara kerjanya mereka semua! Bangga akutuh liatnya. :')

Nah pokoknya rutinitas konser Soundrenaline gue makin lebih punya experience yang berbeda karena adanya sarana A-Camp ini. Concert+Glamping+Friends = What a perfect way to enjoy Soundrenaline! Pokoknya nih ya Soundrenaline tahun depan, udah pasti gue bakalan book lagi si A-Camp ini! Gue harap, kalian juga enggak mau kalah sama gue yak hehehe. Pastinya, bakalan makin seru kalo kalian bisa join bareng gue, crew dan artis–artis lain untuk nyobain apa yang lo belum pernah bisa coba di konser–konser lainnya. Soundrenaline 2018 GOKIL!!!!!!!!!